Mobil
Komitmen Mitsubishi Fuso Jadi Pionir Kendaraan Niaga Ramah Lingkungan

Otoasia.id – Kualitas udara yang buruk akibat polusi, menjadi salah satu pembunuh yang mematikan di Indonesia. Riset Global Alliance on Health dan Pollution pada 2017 silam menyatakan, polusi udara menempati posisi keempat tertinggi penyebab angka mortalitas, atau sebanyak 123,7 orang di dalam negeri. Ngeri kan!
Buruknya kualitas udara di Indonesia bahkan menempati posisi ke-17 sebagai negara paling berpolusi di dunia, yang dirangkum selama 2017 hingga 2021 oleh lembaga swasta IQAir dengan konsentrasi polusi melampaui 5 hingga lebih dari 10 kali dari konsentrasi rata-rata tahunan Particulat Matter (PM) 2,5 mikrogram/m3.
Menanggapi buruknya kualitas udara Indonesia, pemerintah tak tinggal diam. Salah satu caranya adalah menerbitkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 tahun 2017, di mana setiap kendaraan baru harus memberlakukan standarisasi emisi EURO4 yang sebelumnya berstandar EURO 2.

Fuso Canter (KTB)
Indonesia dengan populasi kendaraan bermesin diesel lebih dari 136 juta unit menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, harus berbenah demi lingkungan. Makanya, semenjak regulasi Euro 4 digaungkan, banyak perusahaan otomotif termasuk PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), melakukan pembaharuan produk.
Pada April 2022, lini produk MFTBC yaitu Canter dan Fighter-X sudah dibekali mesin berstandar EURO4. Kedua model unggulan tersebut tersemat teknologi Commonrail, Exhaust Gas Recirculation (EGR) berikut Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang memenuhi batas emisi CO 0,50 g/km, HC+NOx 0,30 g/km, NOx 0,25 g/km, dan (PM) 0,025 g/km yang lebih ramah lingkungan.

Dealer Mitsubishi Fuso (KTB)
Mengenai hal tersebut, Mitsubishi Fuso bahkan telah siap menghadapi regulasi EURO4 sebelum batas emisi tersebut dijalankan. Persiapan perusahaan yang bermarkas di Kanagawa, Jepang ini meliputi sosialisasi kepada pelanggan, menjamin ketersediaan suku cadang, hingga membekali teknisi terampil dalam menangani mesin teknologi baru tersebut di 220 jaringan diler mereka.
“Saya senang mengetahui bahwa produk EURO4 kami diterima dengan baik oleh konsumen. Setelah pengiriman unit, kami akan terus menunjang bisnis konsumen dengan dukungan penuh dari tim aftersales, melalui jaringan dealer terluas di seluruh Indonesia. Kami memastikan konsumen terlayani dengan baik,” ungkap Nobukazu Tanaka, President Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Fuso Canter (KTB)
Selain memanjakan pelanggan melalui layanan produk, MFBTC juga menyediakan kegiatan lain, salah satunya adalah Fuso Truck Campaign, di mana perusahaan mengundang konsumennya untuk saling bertemu dan menjalin relasi antar sesama pengusaha.
Dengan adanya hal tersebut, tak heran kalau Mitsubishi Fuso memiliki pelanggan loyal di Indonesia, dengan bukti bahwa perusahaan tersebut dapat bertahan selama 51 tahun di Indonesia. Bahkan, menurut data Gaikindo pada 2022, penjualan Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter-X mencapai 33.749 unit atau mengalami kenaikan sebesar 3,6%.
Wah, secara tidak langsung Mitsubishi Fuso juga terus mengepulkan “dapur” mereka sendiri. Salut!