Aturan Memilih Jas Hujan yang Benar, Bukan Lagi Musimnya Ponco - OTOASIA
Connect with us

Tips & Trik

Aturan Memilih Jas Hujan yang Benar, Bukan Lagi Musimnya Ponco

Eko Nugroho

Published

on

Ilustrasi persiapan biker pakai jas hujan sebelum berkendara (AHM)
Ilustrasi persiapan biker pakai jas hujan sebelum berkendara (AHM)

Otoasia.id – Musim hujan sudah tiba dan tidak diketahui kapan akan mulai reda. Yang pasti, sebagian wilayah di Indonesia sedang diguyur air sehinga wajib diwaspadai oleh para pengendara.

Salah satu perlengkapan berkendara saat hujan yang wajib ada ialah jas hujan. Ini jadi syarat mutlak buat mereka yang punya urusan penting, misalnya bekerja, agar tidak terganggu dan normal beraktivitas.

Nah, untuk pemilihan jas hujan sendiri tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tren yang sudah harus dihilangkan dan mementingkan model sekarang dengan tingkat safety lebih tinggi.

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda area Jakarta-Tangerang yang sekaligus bagian dari Wahana Artha Group (WAG) menyebut bila pemilihan jas hujan wajib mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya ukuran, material, warna sampai jenis jas hujan itu sendiri.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum membeli jas hujan, dikutip dari laman resmi Wahana Honda, Jumat (16/12/2022).

1. Coating Glossy

Jas hujan yang bagus minimal menggunakan material coating glossy atau bahan bening yang anti embun seperti jas hujan dari Polyvinyl chloride (PVC).

Advertisement

Material ini punya kelebihan lebih elastis supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak.

2. Ukuran Pas sesuai Badan

Ukuran jas hujan harus benar-benar fit dan tidak terlalu longgar ketika digunakan.

Jas hujan yang kebesaran, jika tidak diduduki dengan benar, bisa membuatnya “terbang” (khususnya untuk tipe kelelawar). Kondisi ini, selain bisa menghalangi visibilitas pengendara, juga berisiko nyangkut ke rantai.

Selain itu, jas hujan yang terlalu longgar juga sering berkibar dan kurang nyaman dipakai saat nyetir motor.

3. Warna Terang

Jas hujan sangat disarankan berwarna terang. Tujuannya agar lebih gampang dilihat oleh pengguna jalan lain. Lebih lagi bila dalam kondisi gelap yang minim pencahayaan.

4. Hindari Model Ponco

Model jas hujan berbentuk ponco tidak direkomendasikan sama sekali, karena mudah terbang dan berpotensi tersangkut rantai, gir, atau kendaraan di sekitar.

Advertisement

Selain itu, jas hujan ponco sendiri kurang begitu efektif mengamankan bagian tubuh agar tidak kebasahan.